Abyantama El Anwary .P
2KA15
10114089
Peran Komunikasi Dalam Organisasi
Ø Latar Belakang Komunikasi
Manusia di dalam kehidupannya harus berkomunikasi, artinya memerlukan
orang lain dan membutuhkan kelompok atau masyarakat untuk saling berinteraksi.
Hal ini merupakan suatu hakekat bahwa sebagian besar pribadi manusia terbentuk
dari hasil integrasi sosial dengan sesama dalam kelompok dan masyarakat. Di
dalam kelompok ataupun organisasi, selalu terdapat bentuk kepemimpinan yang
merupakan masalah penting untuk kelangsungan hidup kelompok, yang terdiri dari
atasan dan bawahannya.
Di antara kedua belah pihak harus ada komunikasi timbal balik, untuk itu
diperlukan adanya kerja sama yang diharapkan untuk mencapai cita-cita, baik
cita-cita pribadi, maupun kelompok, untuk mencapai tujuan suatu organisasi. Kerjasama tersebut terdiri dari
berbagai maksud yang meliputi hubungan sosial maupunkebudayaan. Hubungan yang
terjadi merupakan suatu proses adanya suatu keinginan masing-masing individu,
untuk memperoleh suatu hasil yang nyata dan dapat memberikan manfaat untuk
kehidupan yang berkelanjutan.
Ø Pengertian Komunikasi
Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris
“communication”),secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa
Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata
communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu
usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. ( Wikipedia )
Ø Pengertian Komunikasi menurut
pendapat para ahli.
Berikut adalah beberapa definisi Komunikasi dari berbagai ahli :
- Komunikasi
adalah suatu proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu
penerimaan atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka (Everett
M. Rogers).
- Komunikasi
merupakan suatu interaksi dimana terdapat dua orang atau lebih yang sedang
membangun atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lain yang
pada akhirnya akan tiba dimana mereka saling memahami dan mengerti (Rogers
& O. Lawrence Kincaid).
- Setiap
bentuk komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi, yang
terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dari sumber untuk penerima (Theodore
M. Newcomb).
- Komunikasi
adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh
seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.
(Lasswell, 1960)
- Komunikasi
pada dasarnya merupakan suatu proses penyampaian informasi, gagasan,
emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol simbol seperti
kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain (Hovland, Janis
& Kelley:1953)
Komunikasi dalam suatu organisasi selalu merupakan komunikasi timbal
balik, demi kepentingan semua pihak.
Jadi, komunikasi organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukan dan
penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu
organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi
dalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam
suatu lingkungan. Komunikasi organisasi melibatkan bentuk-bentuk komunikasi
antarpribadi dan komunikasi kelompok.
Dalam berkomunikasi kita menciptakan persamaan pengertian, ide,
pemikiran, dan sikap tingkah laku kita terhadap orang lain. Jadi komu-nikator
dan komunikan mempunyai kesamaan dan kesepakatan pesan sehingga menimbulkan
suatu pengertian.
Ø Peran
Komunikasi dalam organisasi
- komunikasi
dalam perusahaan sebagai titik sentral
- Dalam
setiap proses komunikasi, hubungan kemanusiaan merupakan proses yang
menyangkut kepribadian, sikap dan tingkah laku yang terjadi pada
orang-orang yang terlibat
- Organisasi
melaksanakan komunikasi persuasif dua arah disemua bidang kegiatan dengan
maksud memberikan motivasi kerja, bertanggung jawab dan produktif
- Atas
dasar pengertian tersebut terlihat bahwa komunikasi timbal balik dalam
suatu organisasi merupakan proses integrasi antar manusia yang brersifat
manusiawi yang menuju perasaan lahir batin. ( Aris Febri
Rahmanto, 2004 )
Ø
Jenis Komunikasi
Ada beberapa bentuk komunikasi yang perlu diketahui untuk mendukung
kegiatan organisasi, yaitu:
- Komunikasi
intrapersonal adalah komunikasi yang berlangsung pada diri sendiri
- Komunikasi
interpersonal adalah komunikasi yang berlangsung pada orang lain atau bisa
disebut juga dengan komunikasi kelom-pok
- Komunikasi
kelompok adalah komunikasi yang berlangsung dengan kelompok orang
yang jumlahnya lebih dari dua orang
- Komunikasi
massa adalah komunikasi yang dilakukan melalui media massa (Aris Febri
Rahmanto, 2004)
Ø Proses Komunikasi
“Proses adalah rangkaian tindakan perbuatan atau pengolahan yang
menghasilkan produk”.( Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1990:703 )
Dan Menurut Kincaid dan Schramm ( Sutaryo
,2006:48), “Proses adalah suatu perubahan atau rangkaian tindakan serta
peristiwa selama beberapa waktu dan yang menuju hasil tertentu”. Dengan
demikian dapat dipahami bahwa proses komunikasi pada dasarnya merupakan
rangkaian tindakan berlangsungnya aktivitas komunikasi mulai dari pengiriman
hingga penerimaan pesan dan umpan balik (respons).
Dalam berkomunikasi kita menciptakan persamaan pengertian, ide,
pemikiran, dan sikap tingkah laku kita terhadap orang lain. Jadi komu-nikator
dan komunikan mempunyai kesamaan dan kesepakatan pesan sehingga menimbulkan
suatu pengertian. Dalam proses komunikasi melibatkan beberapa komponen
yaitu:
- Komunikator (sumber)
- Pesan
- Saluran
- Komunikan (organisasi/publik)
- Efek
Menurut K. Anderson, 1978, beberapa faktor yang
yang perlu diperhatikan di dalam proses komunikasi adalah sebagai berikut
:
Faktor sumber dan penerima pesan :
- Pengetahuan,
gagasan, pikiran dan pengalaman
- Sikap,
keyakinan dan tujuan
- Kebutuhan,
keinginan dan nilai-nilai
- Kepentingan
- Keanggotaan
dan peranan dalam kelompok
- Kecakapan berkomunikasi
- Persepsi terhadap unsur-unsur lain
Faktor saluran :
- Karakteristik
saluran atau media yang digunakan
- Seberapa besar jumlah publiknya
Faktor pesan :
- gagasan dan isi pesan
- Susunan pesan
- Bahasa dan gaya
- Cara
penyampaian: lisan, tertulis, dan lain-lain
Ø Komunikasi efektif
Komunikasi dikatakan efektif bila orag berhasil menyampaikan apa yang
dimaksudkannya. Ini hanya salah satu ukuran bagi efektivitas komunikasi. Secara
umum, komunikasi dinilai ekeftif bila rangsangan yang disampaikan dan yang
dimaksudkan oleh pengirim atau sumber, berkaitan erat dengan rangsangan yang
ditangkap dan dipahami oleh penerima. ( Dr. Deddy Mulyana, MA. )
Bila S adalah pengirim atau sumber pesan dan R penerima psan, maka
komunikasi disebut mulus dan lengkap bila renspons yang diinginkan S dan respons
yang diberikan R identic (Goyer, 1970, hlm. 10).
Syarat-syarat untuk berkomunikasi secara efektif adalah antara lain :
1. Menciptakan suasana yang
menguntungkan.
2. menggunakan bahasa yang mudah
ditangkap dan dimengerti.
3. pesan yang disampaikan dapat
menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
4. Pesan dapat menggugah kepentingan
dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya.
5. Pesan dapat menumbuhkan sesuatu
penghargaan atau reward di pihak komunikan.
Ø Implikasi Manajerial
Implikasi manajerial adalah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara
meningkatkan kapasitas, kualitas, efisiensi dan efektivitas dari sumber daya
yang ada. apa implikasi manajerial yang muncul dari organisasi tanpa pembatas
(borderless Tipe organisasi transnasional/tanpa batas memakai pengaturan yang
mengeliminasi atau menghapus halangan geografis artitisial.
Para manajer memilih pendekatan ini dalam rangka meningkatkan efisiensi
dan efektivitas di pasar global yang kompetitif. Implikasi yang dirasakan oleh
para pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan produk yang
diproduksi di negara lain,dengan baik dengan cara memanfaatkan sumber daya alam
dan manusia yang ada pada negara tersebut. Jadi struktur organisasi manajerial
tidak akan berpusat pada satu organisasi manajerial namun harus mencakup
seluruh struktur organisasi manajerial di seluruh negara dimana perusahaan iitu
berada.( Heriyanto )
Daftar Pustaka
- Rahmanto,
Aris Febri. 2004. Peranan Komunikasi Dalam Suatu Organisasi. Jurnal
Komunikologi Vol. 1 No. 2, September 2004. 5 Maret 2015, 17.32 WIB.
(Jurnal )
- Romli,
Khansahrial.2011.Komunikasi Organisasi Lengkap.Jakarta:PT Grasindu.(Buku )
- Tubbs,
Stewart L & Sylvia Moss. 2000. Human Communication( Prinsip
Prinsip dasar). Bandung : PT Remaja Rosdakarya. ( Buku )
- Dwiantara,
Lukas & Suharsono. 2013.Komunikasi Bisnis (Peran Komunikasi
Interpersonal dalam aktivitas bisnis).Yogyakarta : CAPS (Center of
Academic Publishing Service). (Buku)
- Kenes.
2013.Pengertian dan Arti Penting
Komunikasi.https://duniatugasasri.wordpress.com/2013/06/11/pengertian-dan-arti-penting-komunikasi/ . Diakses
: 5 Maret 2015, 20.42 WIB.
- Risdy,Rusti.2013.Implikasi
Manajerial.http://rustyrisdy.blogspot.com/2013/05/implikasi-manajerial-komunikasi.html.
Diakses : 7 Maret 2015, 19.20 WIB.
- Parnando,
Edo.Komunikasi
Efektif.https://edoparnando27.wordpress.com/komunikasi-efetif/.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar